Senin, 27 Februari 2012

ILMU TENTANG KEMATIAN PERLUKAH DIPELAJARI ?




"Gedongana, kuncenana....yen mati datan wurunga !"  - Meski disembunyikan dalam gedung yang kokoh dan dikunci dengan kuat, bila saatnya harus mati...kita tidak bisa mencegahnya. Itulah peri bahasa Jawa yang menggambarkan betapapun cara dan upaya  pencegahannya, kematian itu tidak bisa dihindari oleh manusia, bila memang Tuhan menghendakinya.

Lalu kemana kita ini ... setelah badan wadag mengalami kematian ?
Banyak tradisi yang menurunkan cerita turun temurun tentang kehidupan setelah kematian, sehingga tercermin dalam upacara adat kematian di beberapa suku bangsa yang berbeda-beda.
Namun rasanya kita tidak banyak mendapatkan informasi yang jelas tentang kematian dan kehidupan setelah kematian ini.
Beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan tiga dasa warsa terakhir ini tentang Near Death Experiences/NDE ( Mengenali Pengalaman Nyaris Mati ) saya kira bertujuan untuk menguak misteri tentang kematian, sehingga kita tidak takut dan benar dalam menyikapi peristiwa kematian.

Meskipun seorang insan dalam iman & taqwa sudah menghayati kepasrahannya dalam menerima kematian sebagai takdir yang ditentukan oleh Allah swt, namun kiranya ilmu tentang kematian ( Thanatologi ) tidak ada salahnya bila kita teliti dan pelajari. Bagaimana menurut pendapat anda ?


Love~light~joy,
Sonny Sumarsono Wuryadi

0 komentar:

Posting Komentar