Senin, 25 Juli 2011

Apa itu Cryptozoology?


Cryptozoology adalah
ilmu yang mempelajari tentang hewan yang tersembunyi. Lebih gampangnya,
ilmu ini mempelajari tentang makhluk-makhluk yang dianggap
"legenda"atau tidak ada dalam ilmu biologi modern. belum jelas?





Cryptid adalah istilah yang digunakan pada
Cryptozoology yang merujuk pada makhluk yang keberadaannya telah
disaksikan, namun tidak diakui oleh ilmu biologi. Eksistensinya tidak
jelas, bisa ada bisa tidak. 





contoh biar lebih ngerti : Nessie. Banyak saksi yang melihat
penampakan Nessie, namun bukti keberadaannya masih belum jelas, dan
belum diakui oleh ilmu pengetahuan modern. Nessie itu cryptid, dan ilmu yang mempelajari tentang Nessie adalah cryptozoology.

















10 Cryptid Terpopuler (versi saya)-2






4. Yeti




























Yeti atau
makhluk humanoid Snowman mendiami wilayah Himalaya Pakistan dan Nepal.
Komunitas ilmiah sebagian besar menganggap sebagai yeti sebagai legenda,
namun menjadi salah satu makhluk paling terkenal selain  Bigfoot di
daerah Amerika Utara. Mahluk ini tinggi, berkaki dua ditutupi dengan
rambut putih panjang dan tidak mengenakan pakaian, dan di bawah sinar
matahari rambutnya dapat berubah menjadi merah.










3. Mermaid (Putri Duyung)























Putri duyung adalah
cryptid dengan kepala dan dada perempuan serta memiliki ekor ikan
duyung. Legenda mahluk ini sudah ada setidaknya sejak 5000 SM, asal
usulnya diyakini dari Ratu Agung Atargatis, yang mencintai seorang
gembala dan tidak sengaja membunuhnya. Merasa malu, dia melompat ke
danau untuk mengambil bentuk ikan, tapi air tidak menyembunyikan
keindahannya. Sehingga ia mengambil bentuk manusia di atas pinggang,
ikan di bawah. Dalam cerita rakyat Inggris dicatat bahwa penampakan
putri duyung sebagai pertanda sial. Ada kemungkinan besar bahwa orang
orang yang telah melihat penampakan putri duyung telah salah melihat
mahluk tersebut. Kemungkinan mereka telah melihat Sirenias sejenis hewan
air.
















2. Bigfoot / Sasquatch























Bigfoot,
juga dikenal sebagai Sasquatch, yang konon makhluk mirip kera yang
menghuni hutan terutama di wilayah Pacific Northwest Amerika Utara.
Bigfoot biasanya digambarkan sebagai mahluk besar berbulu, bipedal
humanoid. Kebanyakan ilmuwan menganggap keberadaan Bigfoot sebagai
kombinasi dari cerita rakyat dan kesalahan identifikasi. Namun demikian,
Bigfoot merupakan salah satu contoh yang paling terkenal dari cryptid
dalam Cryptozoology dan legenda abadi. Bigfoot digambarkan dalam laporan
sebagai makhluk mirip kera besar berbulu, berkisar antara 60-10 kaki
(2-3 m), beratnya lebih dari 500 pon (230 kg), dan tertutup rambut hitam
atau coklat kemerahan gelap.


Para
saksi menggambarkan bahwa mahluk itu memiliki mata besar, dahi besar,
bagian atas kepala berbentuk bulat, mirip dengan gorila jantan. Bigfoot
umumnya dilaporkan memiliki bau yang kuat dan tidak menyenangkan oleh
mereka yang mengklaim telah melihatnya. Laporan menyatakan bahwa jejak
kakinya mencapai panjang 24 inci (60 cm) dan lebar 8 inci (20 cm).
Laporan yang lain menyatakan bahwa jejak kakinya memiliki lima jari
seperti kera, beberapa memiliki tanda cakar, sehingga kemungkinan bahwa
sebagian jejak tersebut berasal dari binatang biasa seperti beruang,
yang memiliki lima jari kaki dan cakar.










1. Monster Loch Ness (Nessie :3)










Nessie
sering dibandingkan dengan plesiosaurus yang dianggap telah punah 60
juta tahun yang lalu. Plesiosaurus sendiri adalah hewan yang berdarah
dingin hingga membutuhkan kehangatan dari lingkungan sekitar. Secara
ilmiah, plesiosaurus tidak akan dapat bertahan hidup di lingkungan air
dingin seperti Lochness. Lagipula ia membutuhkan udara untuk bernafas.
Apabila Nessie adalah plesiosaurus, maka tentu saja penampakan akan
lebih sering terjadi. Namun ada kemungkinan bahwa Nessie adalah
keturunan dari plesiosaurus yang telah belajar beradaptasi di lingkungan
barunya. (blog misteri enigma)










Karena Nessie menduduki peringkat pertama, *prokprokprok* maka saya kasih bonus foto2 penampakan Nessie yang paling terkenal XD












Pada
April 1934, Dr Robert Kenneth Wilson mengaku telah mendapatkan foto
Nessie. Foto ini akhirnya menjadi foto Nessie paling terkenal di dunia
yang dikenal dengan sebutan "Surgeon photo". Namun pada tahun 1992, para
ilmuwan menemukan bahwa foto tersebut adalah sebuah karya palsu.
Seorang pemburu bernama Marmaduke Wetherell dan anak angkatnya membuat
sebuah model dengan menggunakan periskop kapal selam dan memotretnya.
Foto itu diserahkan kepada Dr. Robert Wilson, dan Dr. Wilson
menyerahkannya kepada surat kabar Daily Mail pada April 1934.












14
Juli 1951, seorang pegawai komisi kehutanan bernama Lachlan Stuart
berhasil memotret punuk misterius yang muncul ke permukaan. 20 tahun
kemudian para ilmuwan yang mengunjungi lokasi monster tersebut menemukan
bahwa perairan itu dangkal. Hal ini menyimpulkan bahwa monster Stuart
memiliki tubuh yang kurus. Di kemudian hari, Richard Frere seorang
pengarang mengatakan bahwa Stuart mengaku merekayasa objek tersebut
dengan menggunakan terpal dan jerami.









Pada
tahun 1955, seorang manajer bank bernama Mr. McNabb mengambil sebuah
foto yang menunjukkan guncangan di air dekat Kastil Urquhart. Foto itu
dianggap sebagai salah satu foto Nessie paling jelas yang pernah
didapat. Hal ini menyebabkan adanya teori yang mengatakan bahwa Nessie
kemungkinan tinggal di bawah Kastil Urquhart. Teori ini juga muncul
dikarenakan banyaknya foto Nessie yang diambil menunjukkan ia berada di
dekat kastil kuno itu.









Pada
tahun 1960, Insinyur aeronautika bernama Tim Dinsdale berhasil memotret
sebuah punuk yang bergerak di dalam air. Namun banyak orang yang
meragukannya dan beranggapan bahwa punuk itu sesungguhnya adalah sebuah
perahu. Namun foto Dinsdale mendapat dukungan dari Discovery
communication. Ketika mereka membuat film dokumenter mengenai Nessie,
mereka menggunakan foto Dinsdale dan mereka melihat ada sebuah bayangan
hitam di negatif foto yang tidak terlihat di foto. Ketika mereka
menelitinya, mereka melihat sesuatu yang terlihat seperti badan bagian
depan, sirip dan punuk yang terlihat seperti milik seekor hewan.









Seorang mantan kapten angkatan laut bernama Frank Searle yang tiba di Lochness untuk mencari monster lochness
pada tahun 1972 mengaku berhasil mengambil sejumlah foto Nessie,
kebanyakan segera tampil di media. Namun, foto-foto yang diambilnya
segera dinyatakan sebagai rekayasa. Contohnya foto dibawah ini dianggap
sebagai foto batang kayu yang mengapung.










Foto
dibawah ini disebut diambil tahun 1972. Namun tidak diketahui identitas
pasti pemotretnya. Mungkin foto ini juga diambil oleh Searle. Ada
kemiripan dengan foto diatas, lagipula tahunnya sama.









7
Agustus 1972, sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh Dr. Robert Rines dari
Akademi sains terapan berhasil mengambil foto yang menunjukkan citra
seperti sirip seekor 
makhluk misterius.










Pada
tahun 1975, akademi ini bahkan mendapatkan foto Nessie yang lebih
jelas. Citra pada foto ini menampakkan makhluk aneh dengan kepala
berbentuk kuda.









Foto
ini adalah foto Nessie yang terbaru. Foto ini diambil pada tahun 2009
oleh sepasang kekasih yang sedang berakhir pekan di Lochness. Ian
Monckton dan tunangannya Tracey Gordon sedang mengendarai mobil di tepi
danau ketika mereka mendengar suara guncangan keras di air. Mereka
menghentikan mobilnya dan segera memotret asal suara guncangan itu
dengan kamera. Dan foto inipun tertangkap kamera. Objek didalam foto
tersebut terlihat seperti bagian belakang dari seekor hewan besar. Namun
para ahli yang melihat foto tersebut menyimpulkan bahwa foto ini bisa
berarti apa saja karena tidak jelasnya objek yang tertangkap.





source : haritscrypto.blogspot.com


         xfile-enigma.blogspot.com


         the campur aduk

















10 Cryptid Terpopuler (versi saya)




HORAAAAAYYY!!!! akhirnya bisa ngepost juga! setelah berbulan-bulan
lamanya tidak mengupdate blog ini, akhirnya sempet juga. Oh ya, boleh
saya bilang sesuatu? readers sekalian, saya........berhasil LULUS dengan
nilai yang lumayan... hahahah xD







baiklah di post saya kali ini(saking bahagianya)saya akan ngepost tentang 10 Cryptid terpopuler versi saya..! 


enjoy...:)





10. Mokele-Mbembe















nah... saya tempatkan si Mokele-Mbembe ini di posisi sepuluh. Kenapa? Namanya asing... aku aja tahu cryptid ini dari blognya ko Harits(makasih udah ngepost ko... :D). Lagipula pas nanya ke temen sekelas saya, cuma 2 orang yang tau...



nah, ini pembahasan singkat tentang Mokele (dari blognya ko Harits)





Mokele
mbembe sendiri berasal dari bahasa lingala, kurang lebih artinya gini
deh, 'the one who stops the flow of river' ato bahasa indonesianya gini
'sesuatu yang dapat menghentikan aliran sungai'.. Wow, dari namanya aja
kita bisa bayangin gedenya seberapa..






Mokele
mbembe sendiri bentuknya sama kaya sauropod, gede, lehernya panjang,
berkaki 4, ekornya panjang dan warnanya coklat, kadang abu-abu, dan
panjangnya mencapai 10 meter










Nah, bagaimana? Kalau ingin membacanya secara lengkap, baca di :sini









9. Mothman











di posisi kesembilan adaaaa.... Mothman!! saya tahu cryptid ini dari Enigma , ini dia pembahasan singkat tentang mothman : (ngutip dari blog enigma)


Mothman
adalah sebuah nama yang diberikan kepada satu mahkluk yang dilaporkan
terlihat di Point Pleasant, Virginia barat antara 12 November 1966
hingga Desember 1967. Banyak saksi menyatakan bahwa Mothman adalah
makhluk yang bersayap seperti ngengat, tinggi seukuran manusia dan yang
paling menonjol adalah kedua matanya yang merah menyala. Terkadang ada
beberapa saksi yang mengatakan bahwa makhluk itu tidak memiliki kepala
dan matanya ada di dadanya.

mau baca lebih lengkap? klik di sini



8. Mongolian Death Worm







diposisi delapan kita punya si cacing mengerikan ini.  cacing ini saya
letakkan di posisi ini karena penampakannya jarang banget. gambarnya
yang ada cuma ilustrasi doang. penelitian terakhir di gurun Gobi juga ga
ada hasilnya.



ini dia penjelasan singkat tentang Mongolian Deathworm <-----dari blog harits


mongolian
deathworm itu sebutan buat cryptoid yang konon idup di gurun gobi. Nah,
jadi gurun gobi itu terletak di selatannya mongolia, makanya dinamain
mongolian deathworm. Padahal di mongolia sendiri, cryptoid ini lebih
dikenal dengan nama Olgoi-Khorkhoi, kurang lebih artinya tu cacing usus
berdarah ato disingkat "cacing darah", soalnya konon dia berwarna merah
gelap dan tebel, mirip kaya usus sapi. Panjangnya sendiri konon bisa
sampe 2-5 kaki (0,6-1,5 meter).Masyarakat lokal percaya kalo cacing ini
idup di bawah gundukan pasir di gurun gobi. Dikatakan juga kalo
mongolian deathworm ini tertarik sama warna kuning, jadi jangan
sekali-kali ke gurun gobi pake sesuatu yang warnanya kuning. Dia bisa
nyemburin cairan asam yang ngebikin siapapun yang kena cairan itu
instantly death, bagian tubuh yang kena langsung berubah kuning dan
langsung ter-korosi, di beberapa sumber dibilang yang disemburin bukan
asam, tapi racun, aku juga ga tau mana yang bener, besok pas aku ke gobi
aku cek dulu. Uda gitu dia bisa nyemburin cairannya sejauh beberapa
kaki, gimana ga serem tuh. Oia, ada juga yang bilang kalo ability dari
mongolian deathworm itu sengatan listrik.

kalo mau baca lengkapnya silakan klik di  sini



7. Thunderbird







disini kita punya si Thunderbird. Thunderbird awalnya adalah sebuah
legenda suku indian, tapi sudah masuk kategori cryptid baru-baru ini.

ini dia penjelasan singkatnya :


Menurut
para saksi, thunderbird punya sayap sepanjang 15-20 kaki, kakinya 4-8
kaki, warnanya beragam, punya 2 tanduk dan bergigi tajem di paruhnya..
Thunderbird terkenal galak, ganas, brutal, sadis, mematikan, buas,
harits, etc.. Jadi kalo ada sesosok burung gede lagi terbang di atas
perkampungan indian, niscaya kampung mereka bakal pindah 50km dari
lokasi semula. Yang
paling nyerempet dengan diskripsi thunderbird itu cuma burung kondor
ailornis, burung kondor ini punya sayap selebar 5 meter.. Terakhir
terlihat taun 1909, sekarang mungkin uda .. (copas di blognya ko
harits) 







6. Jersey Devil



Saya pernah baca tentang Jersey devil. Berbeda dengan cryptid yang lain,
makhluk satu ini punya asal usul kemunculan. Gini nih cerita
singkatnya...








Berdasarkan cerita ini, Jersey devil berasal dari sebuah keluarga
bermarga Leeds. Nyonya Leeds sudah punya 12 anak dan dia sudah lelah, ia
bersumpah kalau ia mengandung lagi maka biarlah anak ke 13nya nanti
jadi iblis. Dan dia benar-benar mengandung.



Saat melahirkan, awalnya semuanya normal. Namun, bayi yang dilahirkan
Nyonya Leeds itu berubah menjadi makhluk ANEH dengan sayap seperti
kelelawar dan ekor panjang seperti garpu. Ngeri banget... Setelah
berubah, bayi itu menghabisi bidan, kemudian keluar lewat cerobong asap
rumah.



Kelihatannya memang dongeng abis, tapi... setelah kejadian itu banyak
warga yang melihat penampakan makhluk itu, hampir 1000 orang!woaww.....
:0





5. El Chupacabra















Sedikit tentang chupacabra :


Walaupun
kebanyakan orang mendeskripsikan Chupacabra memiliki bentuk seperti
anjing, namun beberapa kesaksian lain sepertinya berbeda. Ada yang
menyebut Chupacabra memiliki bentuk seperti reptil, memiliki kulit hijau
keabu-abuan dan alur punggung dari dekat leher hingga ekor. Tingginya
kira-kira 1-1,2 meter dan berdiri atau melompat seperti kanguru. Menurut
salah satu saksi, makhluk yang dilihatnya bahkan bisa melompat hingga
setinggi 6 meter.Beberapa
peneliti menghubungkan Chupacabra dengan gargoyle, makhluk yang menjadi
bagian dari sejarah Eropa dan dihubungkan dengan roh jahat.

kalo mau baca lengkap tentang Chupacabra, bisa baca di Enigma.

0 komentar:

Poskan Komentar