Rabu, 11 April 2012

YOGYA, KOTA TERGALAU DI TWITTER INDONESIA

SX Indeks Tema Cinta   

"Cinta", "pacar", dan "galau" menjadi tema populer dalam perbincangan media sosial di Indonesia. Dalam pemantauan seminggu saja selama 25-31 Maret 2012, "cinta" menjadi topik hangat di Twitter Indonesia dengan 489.110 tweet.
Data ini diungkapkan pada saat peluncuran SX Indeks di fX, Jakarta. SX Indeks merupakan layanan baru kreasi lokal dari Salingsilang.com yang didesain untuk mengerti perilaku orang Indonesia melalui internet.
Dari hasil penelusuran SX Indeks, Yogyakarta menjadi kota yang paling sering membicarakan tema "pacaran" sekaligus kota yang paling sering galau di Twitter.
Jakarta menjadi kota yang paling sering bicara cinta hingga 53.445 tweet. Mesin SX Indeks juga bisa mengukur sentimen, hashtag populer, mention harian, dan klien Twitter yang digunakan. 
Layanan SX Indeks ditujukan untuk pemilik brand, biro iklan, media massa, dan pihak yang ingin memantau percakapan berhubungan dengan brand, kampanye digital, dan lainnya. Pengguna dapat melakukan riset perilaku publik lewat media sosial. "Teknologi social media is an absolute advantage of Indonesia," ujar Chief Operating Officer SX Indeks, Shafiq Pontoh. 
Managing Editor Salingsilang.com, Enda Nasution, juga bertugas menjadi Technical Advisor SX Indeks. “Dengan SX Indeks, data percakapan publik menjadi lebih nyata dan dapat ditindaklanjuti secara real time,” ujar Enda.
Kegandrungan orang Indonesia akan media sosial sudah bisa dilihat dari berbagai statistik jumlah pengguna internet. Pengguna aktif Twitter mencapai 19 juta dengan produksi kicauan harian rata-rata 2 juta atau 15 persen dari total tweet dunia.
Indonesia berada di posisi ke-3 pengguna aktif Twitter setelah Amerika Serikat dan Brazil. Salingsilang.com dengan SX Indeks menjadikan perkembangan media sosial di Indonesia sebagai fokus utamanya.
SX Indeks akan melakukan pengembangan lebih lanjut untuk lebih mengerti perilaku, emosi, dan kebutuhan orang Indonesia. Setelah Twitter, mereka akan menjaring blog, Facebook, dan portal berita. Algoritma untuk menjaring percakapan bahasa daerah seperti Sunda dan Jawa pun sudah masuk daftar rencana SX Indeks.
 

0 komentar:

Posting Komentar