Kamis, 19 April 2012

Stres Bisa Bikin Orang Lebih Fokus

[imagetag] Stress
Saat mengalami kondisi stres, seseorang akan lebih berorientasi kepada hasil yang lebih positif.  Hal ini disampaikan dalam artikelCurrent Directions in Psychological Science, sebuah jurnal dari Association for Psychological Science.
"Ini sedikit mengejutkan, bahwa stres membuat orang fokus pada segala sesuatu agar dapat berjalan dengan baik," kata Mara Mather dari University of Southern California.
"Stres biasanya dikaitkan dengan pengalaman negatif, sehingga seseorang cenderung akan berpikir mungkin aku akan lebih fokus pada hasil negatif," imbuhnya.
Seseorang dalam kondisi stres, mengacu temuan Mather yang direview Nichole R Lighthall itu, akan memberikan perhatian lebih terhadap informasi positif dan mengurangi informasi negatif.
"Tampaknya stres membantu orang belajar dari umpan balik positif dan menghalangi untuk belajar dari umpan balik negatif," kata Mather.
Mather mengatakan orang yang stres memiliki paksaan yang kuat untuk mendapatkan penghargaan dan tidak dapat mampu mengingkarinya.
Namun, tingkat pengambilan risiko ketika stres pada laki-laki berbeda dengan perempuan. Seorang laki-laki, menurut Mather, mempunyai keinginan lebih untuk mengambil risiko ketika mereka sedang stres.
Sementara perempuan cenderung lebih konservatif untuk mengambil risiko.
"Seberapa banyak pengalaman stres yang Anda alami agaknya berdampak pada cara Anda membuat keputusan," tutup Mather.


sumber 

0 komentar:

Posting Komentar