Kamis, 12 April 2012

Memasak Melatih Anak Untuk Mandiri Dan Terampil

Saat melihat anak kecil jago memasak, rasanya takjub. Orang dewasa saja belum tentu bisa mengolah hidangan serumit itu. Bagaimana mereka sudah jadi 'koki' hebat di usia sangat muda?

Orang tua sebaiknya mengajarkan keterampilan dasar memasak pada anak perempuan maupun laki-laki. Memang ada beberapa sekolah yang memberikan kelas memasak, namun mereka tetap perlu belajar di rumah. Biarkan mereka sering-sering membuat dapur 'berantakan'.

Lantas, pada umur berapa anak bisa diajarkan memakai peralatan 'berbahaya' seperti pisau? Ada yang bilang 10 tahun. Bagaimanapun juga, Anda harus menyesuaikan dengan kemampuan anak berkoordinasi serta kematangan dan minatnya.

Simsebelum mengajarkan anak memasak, cobalah penjelasan Mother Nature Network mengenai hal-hal yang perlu Anda ketahui :

1.Siapkan bangku atau pijakan agar anak bisa menjangkau meja dapur.

2.Beri tahu anak mengenai makna angka dan kata di alat pengukur, seperti cup, sendok, atau gelas takar. Setelah itu, praktikkan bersama.

3.Belikan buku resep untuk sang buah hati. Jika tidak ada buku resep khusus anak-anak, berikan saja buku yang menjelaskan cara membuat makanan kesukaan mereka.

4.Bawa anak ke swalayan atau pasar tradisional dan biarkan mereka memilih bahan-bahan untuk resep yang ingin mereka buat.

5.Ajarkan keselamatan di dapur, misalnya bagaimana cara membersihkan tangan yang benar, cara menggunakan pisau, mengecek kompor dan oven apakah sudah dimatikan, dsb.

6.Bimbing anak menggunakan peralatan dapur, seperti parutan keju, mikser, blender, dll.

7.Beri tahu mereka dari mana makanan berasal. Jika ada lahan, Anda bisa mengajarkan mereka bercocok tanam. Selain itu, ajak mereka ke peternakan untuk melihat sapi dan ayam yang akan menjadi steak atau nugget favorit mereka.

8.Bila anak sudah melewati masa prasekolah, beri tahu mana yang disebut memasak dan mana yang bukan. Contohnya, mencampurkan biskuit marie, susu kental manis, meses cokelat, dan bahan-bahan lainnya, lalu dibulat-bulatkan hingga menjadi bola-bola cokelat, bukanlah memasak.

9.Saat putera-puteri Anda sudah cukup terampil, beri tahu hidangan apa yang boleh mereka masak sendiri dan mana yang harus didampingi orang dewasa.

10.Latih anak agar terbiasa membersihkan dapur setelah memasak.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar