Selasa, 24 April 2012

Indonesia di Mata Dunia Game Internasional

Tahukah anda" skalian, kalau ternyata negara kita Indonesia banyak direferensikan di dalam dunia video game internasional? Ada yang membuat kesal, misalnya karakternya adalah penjahat, atau daerahnya merupakan sarang teroris, yang membuat kita bertanya-tanya, “Emangnya negara kita negara penjahat?” Ada juga yang disebut sambil lalu saja, atau pun ada yang membuat kita bangga, karena terdapat tokoh ataupun daerah yang berperan penting dalam cerita ataupun gameplay di game tersebut. Bayangkan, mulai dari jaman NES (Nintendo Entertainment System) sampai ke next-gen console di masa sekarang, tidak sedikit bisa kita jumpai Indonesia di dalamnya.

Jadi, game-game apa sajakah itu? Mari kita lihat di bawah ini:

1. COBRA COMMAND (NES)
Di stage pertama game shooting helikopter ini, kita bertarung di pulau Sumatra, kemudian di Java (Jawa) pada stage 2, dan Borneo (Kalimantan) di stage 3. Khusus untuk versi Sega CD, yang stagenya merupakan per-negara, Indonesia merupakan stage terakhir.






2. AIR CAVALRY (SNES)

Hanya terdapat 3 campaign di game ini, mulai dari Middle East yang paling mudah, Central America yang menengah kesulitannya, dan Indonesia yang paling susah. Jadi di mata pembuat game ini, teroris Indonesia lebih hebat dari anak buah Saddam Husein? Haruskah kita malu atau bangga atas fakta ini?






3. FRONT MISSION 3 (PSX)
Kali ini kita bisa sedikit berbangga hati, karena kali ini Indonesia bukanlah sarang teroris di game ini, malah terdapat karakter yang lumayan penting di dalam ceritanya.

Yang pertama adalah Linny Barilar. Pria berumur 27 tahun ini adalah pewaris dari Barilar Corporation, perusahaan yang bergerak di bidang agrikultur yang bertempat di Sulawesi. Dia berkeliling dunia untuk mempromosikan kehebatan produk terbaru perusahaannya: Methane Wanzer, yang menggunakan pupuk kandang sebagai bahan bakarnya. Sayangnya wanzer ramah lingkungan ini hanya terpakai sekali saja. Dia bisa ditemui di jalan cerita cabang Emma, dan hampir tidak mempunyai dialog penting didalam jalan cerita game ini, tapi jika kita mengajak dia ngobrol dalam suatu event, dia bakalan berpidato panjang lebar, yang langsung dipotong oleh karakter utamanya.

Yang berikutnya adalah Hatta Mirza, seorang anggota gerilya di Sumatra. Kali ini dia adalah NPC, bukan playable seperti Linny. Kita harus melindungi dia di salah satu misi di pulau Sumatra, di jalan cerita cabang Emma.

4. KING OF FIGHTERS ’97 (ARCADE, NEO GEO, NEO GEO CD, PSX, SEGA SATURN)

Salah satu stage pertarungannya adalah di Bali, di backgroundnya kita bisa melihat barong, penari pendet bali dan BGM-nya adalah musik kecak.






5. SPLINTER CELL: PANDORA TOMORROW (PS2, XBOX, PC, GC, GBA, MOBILE)

Untuk Splinter Cell versi ini, Sam Fisher akan beraksi di beberapa tempat di Indonesia, tepatnya di Kundang, Pulau Komodo dan Jakarta. Tidak ketingalan juga tetangga kita yg dulunya termasuk wilayah Indonesia, Timor Timur.






Kali ini Sam akan berhadapan dengan salah satu antagonis asal Indonesia, Suhadi Sadono, pemimpin “Darah dan Doa”, sebuah grup teroris yang kegiatannya sering didukung secara diam-diam oleh CIA. Dia sendiri dilatih oleh CIA untuk membantu memerangi komunis di daerah kekuasaanya. Tetapi ketika CIA menghentikan bantuan mereka dan beralih ke Timor Timur, Suhadi merasa dikhianati dan akhirnya menyatakan perang terhadap Amerika.

6. BREATH OF FIRE IV (PSX)
Kita bisa memainkan mini game Kecak Dance di desa fairy yang kita kelola di game ini. Kita harus menekan tampilan tombol-tombol yang lewat di bawah karakter mereka dengan timing yang pas, dan kita bisa melihat karakter yang kita gunakan menari Kecak (yang animasinya kelihatannya malah mirip orang lagi squat-jump) sambil diiringi musik kecak.






7. SHIN MEGAMI TENSEI SERIES

Di seri-seri game Shin Megami Tensei, kita bisa men-summon Barong dan Rangda, dua makhluk mitologi dari Bali untuk bertempur bersama kita.






8. EMPIRE EARTH 2 (PC)

Yang ini unsur Indonesia-nya agak “tersembunyi”. Cobalah untuk bermain di mode Skirmish, kemudian pilih Load Costum Map, di situ kita bisa memilih Indonesia.






9. UNCHARTED: DRAKE’S FORTUNE (PS3)

Sekali lagi karakter penjahat dari Indonesia. Eddy Raja, saingan dan bekas sahabat dari Nathan Drake, karakter utama game ini. Eddy adalah pemimpin bajak laut Indonesia, yang bekerja sama dengan karakter antagonis utama yang lain bersaing dengan Nathan untuk mencari El Dorado.






Selain itu ada dialog dalam bahasa Indonesia di game ini yang lumayan menghebohkan para gamer:

Penjaga: Halo?
Nathan: Buka pintu.
Penjaga: Siapa ini? Bicara sekarang!
Nathan: Ah crap... SIALAN LO! CEPATAN BUKA PINTU!!
Penjaga: Ah... tai!






10. METAL GEAR SOLID 4 (PS3)

Untuk ketiga kalinya tokoh antagonis yang berasal dari Indonesia. Tapi yang ini adalah cewek yang cantik dan seksi: Raging Raven.






Cewek asal Aceh ini adalah anggota dari kelompok Beauty and the Best, bawahan dari Liquid Ocelot, musuh utama dari Snake.

Raven di masa kecilnya pernah ditangkap dan dikurung bersama anak-anak yang lainnya oleh para prajurit yang stres dengan perang yang tidak berkesudahan di sana. Di sana mereka dipukuli dan dihina oleh para prajurit tersebut. Tapi di suatu saat para prajurit tersebut mendadak pergi tanpa alasan dan tidak pernah kembali lagi, meninggalkan anak-anak tersebut untuk mati kelaparan.

Burung-burung gagak mulai memakan daging anak-anak, tapi anehnya ketika mereka menghampiri Raven, burung-burung tersebut malah memutuskan tali yang mengikatnya. Raven, yang menjadi gila karena rasa marahnya, membunuh burung-burung tersebut, melacak keberadaan para prajurit yang pernah menyiksanya, dan membunuh mereka semua beserta tahanan-tahanan baru prajurit tersebut di malam harinya.

11. TEKKEN TAG TOURNAMENT 2 (ARCADE)

Kalau dilihat dari foto dibawah ini, Hwoarang dan Paul bertarung di lapangan pertunjukan wayang kulit, yang tentu saja adalah budaya eksklusif Indonesia.






12. Strider Hiryu 2 (PS1)





dsini slah satu misinya akan ada di sulawesi


Just Cause 2?
Sebenernya sih gak bisa dibilang Indonesia, karena tempatnya fiksi, tapi lokasinya memang di Asia Tenggara (Malay Archipelago; Indonesia dan Filipina). Dengan menggabungkan panorama negara-negara Asia Tenggara (terutama Indonesia), Bahasa rumpun Malaysia, tulisan Tamil (Singapura), Budaya gabungan Asia Tenggara dan teknologi yang sangat maju














 







sumber

0 komentar:

Posting Komentar