Kamis, 17 Februari 2011

Kereta Cepat Jepangl
Tokaido
Shinkansen – Jepang

Jepang mengejutkan dunia dengan meluncurkan
kereta cepatnya Shinkansen (kereta peluru) pada tahun 1964 untuk
melayani rute Tokyo-Nagoya-Kyoto-Osaka, dan kecepatannya "hanya"
berkisar 201 km/jam (di tahun itu udah yang paling kenceng).

Kereta
WIN 350 Eksperimental:

JR
E3

JR
E4

Tiap
jalur memiliki nama-nama sendiri (Tokaido, Tohoku, dll), dan tiap jenis
keretanya diidentifikasi dengan sebuah julukan (Nozomi, Hikari, dll).
Hampir 40 tahun sejak diluncurkan pertama kali, Shinkansen sudah
mengangkut 6 miliar penumpang tanpa ada kecelakaan berarti. Rute
Shinkansen juga memiliki frekuensi yang sangat tinggi, seperti rute
Tokyo dan Shin-Osaka yang bisa dilewati enam kereta per-jamnya (bukan
per-hari!).

JR 300

"Hikari"
berarti "cahaya", merupakan layanan Shinkansen pertama pada rute
Tokaido/Sanyo. Semenjak munculnya kereta Nozomi, saat ini menyediakan
layanan mid-level dengan beberapa pemberhentian tambahan, tetapi
tetap dengan kecepatan tinggi. Kereta Hikari menghubungkan Tokyo dan
Osaka dalam waktu kira-kira 3 jam. Penampilannya lebih bernuansa jet
supersonik ketimbang kereta, dengan desainnya yang futuristis dan
kenyamanan luar biasa.



Variasi
JR 500

Berarti
"harapan", kereta-kereta Nozomi hanya membutuhkan waktu 2,5 jam untuk
menempuh jarak Tokyo-Osaka, dan 5 jam hingga ke seluruh tujuan di ujung
paling selatan kepulauan di Hakata (Fukuoka). Jalur-jalur kereta di
Jepang ini mendukung secara komersial mobilisasi penduduknya yang padat
di daerah-daerah ini, meski untuk menjalankannya tiap kereta butuh biaya
hingga $40 juta.



JR
800 Seri Terbaru



Khusus
"Storm Troopers":


JR-Maglev
MLX01

Kereta
ini termasuk jenis kereta superconducting magnetic levitation -
maglev
(melayang di atas rel secara magnetis) dan dalam uji cobanya
sanggup mencapai kecepatan 581 km/jam dan sejauh ini belum digunakan
secara komersial. China maju selangkah dengan lebh dulu mengoperasikan
kereta jenis maglev ini pada tahun 2004.

Kereta
Cepat Perancis

Train a Grande Vitesse (TGV) – Perancis
Diresmikan
pada awal tahun 80-an, TGV melayani rute Lyon dan Paris, setelah
suksesnya rutenya kemudian ditambah ke kota lain di Perancis bahkan ke
negara lainnya. Kereta ini dibangun oleh Alstrom SA - perusahaan pembuat
kereta terbesar kedua di dunia. Kereta generasi barunya TGV V-150
memecahkan rekor kecepatan untuk kereta beroda konvensional pada
kecepatan 515 km/jam. Kereta ini menggunakan supercharged engine
dan meiliki roda kereta yang besar. Rekor barunya saat ini mencapai
574,8 km/jam (lihat di sini).



Kereta Cepat Jerman
InterCity Express
(ICE)


Di
awal tahun 90-an Jerman meresmikan kereta cepatnya untuk melayani rute
Hannover, Wurzburg, Mannheim, dan Stuttgart. Kereta ini dibangun oleh
Siemens dan mencapai kecepatan 280 km/jam.

Transrapid

Jerman
juga membangun sendiri kereta maglev-nya Transrapid yang mampu mencapai
kecepatan 550 km/jam tapi sayangnya pernah mengalami kecelakaan pada
September 2006 di dekat kota Lathen dan menewaskan 23 penumpangnya.

Kereta Maglev Shanghai – China


Dibangun
dengan teknologi Jerman, kereta ini mampu mencapai kecepatan hingga 430
km/jam dan sanggup membawa penumpangnya dari bandara internasional
Pudong menuju Longyang Road Station di pusat kota hanya dalam waktu 8
menit.


Korean Train Express (KTX) – Korea
Selatan


Tahun
2004 Korsel menjadi negara kedua di Asia disamping Jepang yang
membangun jalur kereta cepat yang menghubungkan beberapa kota utamanya.
Teknologi KTX mengadopsi teknologi TGV (kereta cepat asal Perancis).


Taiwan High Speed Rail – Taiwan

Setelah
beberapa tahun penundaan, akhirnya Taiwan High Speed Rail diresmikan
penggunaannya pada tanggal 5 Januari 2008. Kereta cepat ini dibangun
dengan basis teknologi Jepang Shinkansen dan memendekkan waktu tempuh
dari Taipei menuju Kaoshiung menjadi 90 menit dari sebelumnya yang 4
jam.


Kereta Cepat Italia
Direttissima

Itali
resmi meluncurkan kereta cepatnya untuk rute Roma dan Florensia dengan
kecepatan 254 km/jam.

Eurostar – Inggris Raya

Kereta
cepat ini dioprasikan tahun 1994 dan melayani rute dari London ke
Perancis dan Belgia (melalui terowongan bawah laut). Dari London ke
Paris menggunakan kereta ini memakan waktu 2 jam 35 menit. Kecepatannya
saat ini mencapai 300 km/jam.




sumber : http://aneh-tapi-nyata.blogspot.com/2010/01/kereta-kereta-tercepat-di-dunia.html

0 komentar:

Posting Komentar